Di Gurun Pasir Afghanistan Terlarang Ini, Ternyata Ada Kerajaan yang Hilang
Selasa, 19 Desember 2017 | Alfi Haryadi

TRIBUNKALTIM.CO -- Lagi-lagi citra satelit mengungkapkan kerajaan yang hilang.

Kali ini sebuah citra satelit mata-mata mengungkapkan jejak pos terdepan jalur sutra dan kerajaan yang lenyap di daerah gurun pasir terlarang di Afghanistan.

( Penulis : -- )

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Science tersebut menjelaskan bahwa wawasan arkeolog baru berasal dari citra puluhan tahun yang dikumpulkan oleh satelit komersial dan mata-mata, serta drone.

Di antara citra tersebut terdapat gambar caravanserai besar atau pos terdepan yang digunakan oleh para penjelajah jalur sutra selama ribuan tahun, serta kanal bawah tanah yang terkubur gurun pasir.

Sayangnya, situs arkelogi ini terlalu berbahaya untuk dijelajahi secara langsung.

Karena itu, upaya pemetaan baru dengan cara ini memungkinkan para peneliti untuk mempelajari warisan arkeologi dengan selamat.

Halaman Sebelumnya Halaman Selanjutnya
Jangan Cuma Bisa Gabung, Ketahui 7 Tips dan Trik Canggih di Grup WhatsApp TRUK TABRAK TIGA KENDARAAN DI JALAN POROS SAMARINDA-BONTANG, SEORANG WANITA
Keppres no.18 Tahun 2017 tentang Cuti Bersama Tahun 2017 Pengumuman Perubahan Jadwal Seleksi Jabatan Administrator RSUD IA Moeis Pemerintah Kota Samarinda SURAT EDARAN PENGANGKATAN DALAM JABATAN FUNGSIONAL MELALUI PENYESUAIAN / INSPASSING SELEKSI JABATAN ADMINISTRATOR DIREKTUR RUMAH SAKIT UMUM I.A. MOEIS SAMARINDA HASIL SELEKSI JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA DAERAH KOTA SAMARINDA